Selasa, 19 Agustus 2014

Ngawi Carnival 2014 : Ngawi Spectakuler




“ Ibu, aku bangunin jam 12 yaaa… “, pinta saya kepada orang yang paling saya cintai itu. Yup, tepat sehari setelah hari jadi NKRI, di tempat saya tinggal sekarang diadakan peringatan hari jadi NKRI ke 69 dan HUT Kabupaten Ngawi. Acara yang dilaksanakan pukul satu siang itu adalah acara yang paling masyarakat Ngawi nanti – nantikan ketika hari kemerdekaan tiba. Tak jauh dengan mereka, acara yang biasa disebut Karnaval keliling itu juga sudah saya nantikan, sampai – sampai saya menunda waktu saya pulang ke Malang. 

Tepat jam satu siang, saya bersama ibu dan adik laki – laki saya berangkat dari rumah untuk menonton karnaval yang tahun ini mengambil tema “ Ngawi Spectakuler “. Karena hampir 19 tahun tinggal di Ngawi dan setiap tahun nonton karnaval, saya dan ibu sudah sangat berpengalaman dan selalu belajar dari pengalaman menonton karnaval tahun – tahun sebelumnya. Beberapa pelajaran yang kami ambil adalah ketahuilah rute karnaval itu, cari tempat strategis yaitu tempat yang kala pulang kitanya tidak sampai terjebak mancet dan jalannya tidak terlalu sempit dan tidak terlalu luas jadi nonton karnavalnya enak, dan jangan lupa bawa perbekalan soalnya nonton karnaval itu asli bikin laper dan haus. O iya, kalau mau nonton karnaval itu jangan mau ngalah kalo ada orang yang duduk di depan kita dan ngalangin penglihatan kita, kita harus maju dan berada di barisan paling depan biar ngeliatnya enaaak dan ngefotonya juga enak, satu lagi juga biar minta fotonya enak, hehehe

Kurang lebih 30 menit setelah saya datang, rombongan karnaval itupun sudah terlihat. Horeeey, akhirnya datang juga apa yang saya nanti – nantikan, lumayan kali ini saya gak nunggu terlalu lama. Soalnya tahun – tahun lalu saya pernah nunggu sampai 2 jam, mungkin dulu itu terlalu bersemangat kaliiiii yaaa -__-

Para penonton yang semakin ke tengah jaaln -__-

Di rombongan pertama adalah rombongan anak – anak SD. Para adek – adek kecil berlomba berlenggak – lenggok memamerkan apa yang SD mereka tampilkan. Adek – aek SD ini cantik – cantik loh, yah meskipun masih terbilang kecil – kecil kaya biji cabe tapi mereka sudah pintar dan cantik membawakan karakter yang mereka dapatkan.

saya jatuh hati ssama adek ini masa -__-
Ini masih kecil udah cantik aja -__-

Yang ini juga -__-


Setelah rombongan adek – adek SD, rombongan selanjutnya adalah adek –adek SMP. Sekitar 7 SMP yang ada di kecamatan Ngawi ikut serta memeriahkan acar ini. Gak mau kalah sama adeknya, adek – adek SMP ini juga gak kalah cantik loh. Mereka juga berlomba – lomba menampilkan yang terbaik dari SMPnya masing – masing. 



Ditengah jalan berantem sendiri -__-





ampuuun dek, takuut -__-

Rombongan selanjutnya adalah adek – adek SMA. Nah, kalo SMA ini anak – anaknya udah pada gede – gede jadi setiap karakter yang diperanin itu terlihat seperti aslinya, ditambah dibawakan dengan apik menambah kesempurnaan para rombongan karnaval SMA. Dengan tema yang sama yaitu “ Ngawi Spectakuler “, rombongan SMA yang terdiri dari beberapa SMA yang ada di kabupaten Ngawi ini berlomba – lomba menunjukkan kreasi terbaiknya pada acara ini. Ada yang nampilin pewayangan, nunjukin kreasi baju dari kain batik ngawi, ada juga yang pakai baju dari Koran. Selain itu ada juga yang nampilin bendera merah putih dengan panjang 69 m. 

ini yang saya maksud bawa bendera 69 meter






dari koraaan :)


haloo, tos dulu -__-

Saya adalah salah satu orang yang gilaaa banget sama foto. Selain saya ngefoto para orang yang ikut rombongan karnaval, tapi saya juga maaau pake banget foto sama yang dirombongan itu. Awal – awalnya sih lancar – lancar aja ketika saya mau foto sama rombongan itu, tapi pas mau foto sama salah satu rombongan dari salah satu SMA, saya ditolak mentah – mentah gaaaais. Paling parahnya tuh saya kena tamparan sayapnya, duuuh sakitnya tuh disiniii taaaau *nutupinmuka*. Pas SMA saya lewat, maklum SMA yang spectakuler, saya juga gak mau kalah sama penonton lain foto sama rombongannya. Eh, waktu saya bilang sama mantan guru saya itu beliau bilang “ BOLEH “, tapi kaliaaan tau pas saya mau foto sama MISS SMADAnya saya gak dibolehin gaaaisss sama adek kelas saya yang jagain Missnyaaa. Wah, sakit hati banget saya sama itu adek kelas, Durhaka kau dek sama kakak kelasmu ini. Awas aja kalau kita ketemu lagi, tak makan mentah – mentah kau -__-

liat tuh, narsis bangett kan saya -__-

beda jauh sama saya, adek saya di foto malah takut -__-

Acara tahunan yang selalu merogoh kocek para peserta yang gak sedikit itu selalu mengalami pembaharuan pada tiap tahunnya. Gak hanya itu aja sih, kekreatifan para pelajar Ngawi juga diuji dan ditunjukin pada acara ini. Meskipun acara Ngawi Carnival ini belum seCETAR Jember, Solo, maupun Jogja, tapi setidaknya dengan acara ini para masyarakat Ngawi dapat dihibur dan selalu diingatkan dengan kemerdekaan Indonesia dan juga kekayaan Indonesia terlebih kekayaan yang ada di Ngawi itu sendiri. Dan melalui acara ini, juga membuktikan kepada masyarakat Ngawi kalo Ngawi itu punya bibit – bibit unggul yang pantas di banggakan di masyarakat luar Ngawi. 

Wajah kucel, udah capek tapi masih sempet selfieee -__-

Nah, kabupaten kecil yang sebenernya ada di Jawa Timur tapi selalu dibilang ada di Jawa Tengah itu aja punya beginian, kotamu ada gak MBLO? :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar