Kamis, 20 November 2014

Pangeran Kodok

Tak seperti cerita klasik tentang pangeran kodok
Ia bukan pangeran yang dikutuk menjadi kodok
Dan akan kembali lagi menjadi pangeran ketika sang putri menciumnya
Ia lebih dari itu
Ia memang kodok, tapi ia berbeda
Ia mempunyai mata yang besar layaknya kodok pada umumnya
Tapi mata indah itu berbingkai
Ia mempunyai kulit kasar
Tetapi berwarna lebih terang dari yang lainnya
Tiap malam ia akan mengeluarkan suaranya
Tapi suara itu lebih indah dari sekedar “ Koek koek “
Amphibi, ya itu salah satu cirinya
Bukan dua alam, tetapi ia mempunyai dua sifat yang berbeda
Apapun bentuk kodok ini aku menyukainya dan aku mengaguminya
Kau bukan hanya sekedar kodok, hei pangeran kodok
Kau lebih dari itu bahkan dengan tulisan inipun tak cukup untuk mendiskripsikanmu

Selamat malam, sore ini indah yaaaa

Selasa, 11 November 2014

[Tips] How to get your focus back for study?


Helloooo fellaaaaaaaaaaaaaas…
How’s your day?

Semoga lebih menyenangkan dari hari-hari simata kodok yah. Soalnya simatakodok lagi galau nih, jadi hari-harinya jadi gimana gitu. Ceritanya mulai hari senin kemarin salah satu mata kuliah saya yaitu Management Keuangan ada praktikum yang namanya simulasi bisnis. Di praktikum simbis itu kita beli nangka, ngolah, dan jual nangkayang udah diolah jadi kripik nangka itu trus kita buat laporan keuangan. Gak seperti yang saya kirain ternyata praktikum ini lebih ribet dan lebih membuat saya mual. Gimana enggak, untuk 5 hari kedepan saya harus berangkat jam 6 pagi untuk beli nangkanya dan jam 5 sore kumpul lagi untuk jual nangka dan pulang jam 7 malam terus.

Gara-gara praktikum itu saya jadi gak konsen dan gak mood kuliah karena gak mudeng sama tugas praktikum simbis itu dan gara-gara laporan dikumpulnya jam 5 sore jadi pas di kelas itu mikirin tugas itu. Aaaah, gak enak banget gaaaisss. Rasanya pengen banget cepet-cepet selesai ini praktikum, huhuhu u,u

Nah, saya tadi siang mikir kalau saya ngegalauin itu simbis terus, saya bakalan ketinggalan kuliah saya. Udah saya kejebak dikelas horor dan ditambah lagi saya gak konsen dikelas pasti nanti hasil akhirnya saya bakalan jaaauh ketinggalan sama temen-temen saya. Saya gak mau itu terjadi, saya gak mau, saya gak mau *maapalay*

Karena itu, saya tadi ngerenung dipojokan kamar mandi dan akhirnya saya menemukan jawaban dari apa yang harus saya lakukan agar konsentrasi dan mood saya kembali untuk belajar. Hal yang harus saya lakukan mulai besok adalah

1.   Lakukan hal yang kalian sukai sebelum memulai belajar
Nah, biasanya kalau kita ngelakuin hal yang kita sukai pasti kita akan senang melakukannya dan pasti kita semangat melakukannya. Agar kita gak kepikiran pengen ngelakuin hal itu, kita lebih baik ngelakuin hal yang kita sukai itu terlebih dahulu sebelum belajar. Jadi ketika kita belajar kita tidak mengangan – angan hal yang kita sukai itu dan sewaktu belajar kita bisa lebih semangat.

2.   Dengarkan musik ketika kalian suntuk
Kalo kata psikolog, musik dapat membangkitkan semangat dan menambah kapasitas kerja otak kita. Oleh karena itu, dengarkanlah musik ketika kalian sudah bosan atau suntuk. Niscaya setelah kalian mendengarkan musik otak dan mood kalian bisa lebih baik.

3.   Fokus pada satu hal
Biar konsentrasi kalian gak kepecah-pecah, kalian harus fokus pada satu hal. Bagaimana caranya? Ketika kalian belajar atau ada jam kuliah, ya kalian harus fokus ke kuliah kalian itu. Jangan mikirin kepanitiaan, mikir kucing dirumah, atau mikir tugas yang belum selesai. Kalian boleh mikirin hal – hal itu kalau kalian udah berada diwaktunya kalian mikirin itu. Jadi semua itu ada waktunya. Dijamin, kalau kalian bisa fokus dan gak kepecah-pecah gitu apa yang kalian lakukan bakalan bisa maksimal.

4.   Jangan mainan HP
Alasan pertama kalian gak bisa fokus pada satu hal adalah ketika kalian bermain hape. Mau tidak mau ketika kalian main hape pasti ada pemberitahuan atau sms tentang keadaan kepanitiaan kalian, keadaan rumah, atau apapun. Jadi, konsentrasi dan fokus kalian akan langsung ke hal – hal itu dan tidak fokus lagi ke hal yang seharusnya fokus kalian ada disitu.

5.   Minum banyak air putih
Tau iklan Aqua di TV? Yup, kurang minum air putih itu bisa menurunkan konsentrasi kita. Kalau kita gak konsentrasi pasti kita gak akan fokus. So, minum banyak air putih ya gaaais..

Gimana gaaais? Udah dapet intinyakah?
Semoga tips ini dapat membantu teman-teman yang suka hilang konsentrasi pas belajar.

Syemangaaaat, syemangaaat juga buat akika :D

Senin, 10 November 2014

[Event] SKB ( Sekolah Kebangsaan Brawijaya ) 2014


Daftar koreksian tugaaaas -___-

Tanggal 8 dan 9 November 2014 adalah hari yang saya tunggu-tunggu setelah hampir satu tahun kuliah di Brawijaya. Akhirnya penantian panjang itu terbayarkan juga dihari itu. Yup, SKB atau yang biasa disebut Sekolah Kebangsaan Brawijaya. Kalau setahun yang lalu harusnya saya jadi anggota SKB 2013, karena saya banyak tugas dan gak screening jadinya saya gak bisa jadi bagian dari SKB 2013. Nyesel sih, tapi mau gimana lagi. Tugas kuliah itu pertanggungjawaban sama orang tua. Dan kalau udah nyangkut orang tua itu susah kalau nolaknya. Tapi dengan izin Allah akhirnya tahun ini saya bisa menjadi bagian dari SKB 2014. Yah, meskipun bukan jadi peserta setidaknya materi dan ilmu dari SKB itu bisa saya dapetin sekarang. Gak ada kata terlambatkan untuk mendapatkan ilmu, meskipun itu udah telat setahun, tapi setidaknya saya dapet materi itu daripada tidak sama sekali? Hayooolooooh

Apasih sebenernya SKB itu?

Jadi, SKB itu merupakan salah satu rangkaian acara dari PK2Maba Universitas Brawijaya yang ingin menciptakan para generasi – generasi muda Brawijaya yang benar-benar akan mengabdi untuk negeri. Oleh karena itu, SKB 2014 mempunyai  jargon “Dari Brawijaya untuk Indonesia”.Harapannya semua alumni SKB 2014 dapat bermanfaat bagi nusa dan bangsa ini.

Lumayan, dapet godiebag, pulpen, sam blocknote unyuuu

Di SKB ini banyak didatangkan pemateri – pemateri hebat yang menyampaikan materi-materi hebat pula. Seperti mantan ketua BEM UI, mantan ketua BEM UNS, mantan pejuang muda 1998, dan masih banyak lagi pemateri hebat lainnya. Materi yang disampaikan juga tidak kalah hebat seperti Manajemen isu, Propaganda dan Manajemen Aksi, Leadership, Dinamika Sosial, Personality juga tidak lupa disampaikan pada acara itu.

Diacara itu para peserta juga dituntut aktif untuk mengutarakan argumentnya lewat SGD ( Small Grup Discussion ) mengenai isu kenaikan BBM. Selain itu para peserta juga diajak untuk melakukan simulasi aksi. Tak ketinggalan disetiap materi juga diadakan post test yang tujuannya untuk mengetahui seberapa besar pemahaman para peserta terhadap materi.

Trus, Mata Kodok kalau gak jadi peserta jadi apa dong di SKB 2014?

Ngomong jadi apa di SKB 2014 saya juga bingung jadi apa di SKB. Kalau dibilang panitia sih enggak, soalnya panitia SKB ini dari panitia PK2Maba dan saya bukan panita PK2Maba. Jadi, saya disini membantu panitia menjadi mentor atau pendamping para peserta selama acara berlangsung. Tugas mentor disini kaya ngasih penilaian terhadap para peserta yang aktif, mengevaluasi tugas mereka, mengarahkan dan mengingatkan mereaka agar fokus ke materi, dan mendampingi mereka ketika diskusi ataupun simulasi.

Kagum banget sama anak ini, Dia difable tapi semangaaatnya ngalahin orang normal ^^

Sejujurnya saya bingung kepada orang-orang yang menunjuk saya sebagai mentor, soalnya kalau boleh dibilang saya adalah orang yang tidak terlalu paham dengan materi keaktivisan begituan dan saya bukanlah orang yang bisa memberikan pandangan untuk sebuah isu yang kekinian. Gara-gara saya jadi PSGK nih saya bisa kepilih jadi mentor. Saya sebenernya adalah cinderella awam yang hanya tau mencari sepatu kaca saja. Jadi sewaktu saya diminta menjadi mentor, saya dipaksa belajar sedikit agar tidak malu-maluin sewaktu jadi mentor *maapaib*

Tiga, tiga, tiga persatuan Indonesia :D

Tapi saya seneng juga bisa jadi mentor gitu. Saya bisa kenal kepada adek – adek SKB 2014, saya bisa dapet materi, dan saya juga bisa baca pemikiran – pemikiran dari adek – adek SKB 2014. Kebetulan saya adalah mentor dari kelompok 3. Kelompok 3 itu pas hari pertama kurang aktif bertanya atau menyampaikan argument mereka, tetapi pas waktu hari kedua hampir semua anggota kelompok 3 aktif bertanya. Selain mereka aktif-aktif mereka juga merupakan pemimpi besar. Sewaktu ada tugas tentang mimpi mereka, banyak adek-adek SKB 2014 yang menuliskan mimpi-mimpi yang besar dan apabila itu dapat terwujud kesejahteraan pasti akan terjadi. Yah, mudah-mudahan mereka dapat mewujudkan mimpi-mimpi tinggi mereka. Setidaknya kalau mereka jatuh mereka masih akan jatuh diantara bintang-bintang, ceilaaaah

O iya, kalau PSGK apaan ya?

PSGK itu kepanjangan dari Pusat Studi Gerak dan Kajian. Di Eksekutif Mahasiswa UB 2014 setiap kementrian itu terdapat perwakilan beberapa orang menjadi anggota PSGK dan dari PIK ( Pusat Informasi dan Komunikasi) sayalah yang terpilih menjadi anggota PSGK. Nah, tugas PSGK disini adalah mengkaji segala isu yang ada di UB maupun Indonesia. Kita ber 16 orang berkumpul dan berdiskusi tentang isu terkini yang ada, apa yang bisa kita lakukan dan apa yang harusnya mereka lakukan. Sebenernya kalau mau bahas PSGK Kadang saya malu sendiri, setiap kali kumpul selalu aja saya gak bisa ikut. Maklum, mahasiswa pertanian nyawah mulu, jadi gak bisa ikutan kumpul. Makanya dibandingkan dengan ke 15 teman PSGK mungkin saya yang ilmunya masih cetek. Berharap aja sih nanti dikemudian dikumpul PSGK saya bisa dateng. Soalnya udah kaya merasa jadi keluarga banget nih gara – gara SKB ini.

Hai Keluarga PSGK 2014 :)

Ngomong lagi tentang SKB, SKB 2014 itu masih mempunyai dua rangkaian acara lagi diluar acara tanggal 8 dan 9 November 2014 kemarin. Jadi rencananya kita ditanggal 17 November akan berkunjungke gedung DPRD Jatim dan tanggal 29 November kita akan mengadakan acara puncak SKB 2014.

So, buat siapapun yang baca ini yang penasaran dengan dua rangkaian acara SKB selanjutnya, pantengin aja updatean-pdatean terbaru di blog ini. Semoga kalian tetap setia menanti.

See you, have a nice dreaaam ^^
Selamat hari Pahlawan semuanyaaaa 

Sabtu, 08 November 2014

[Newes] AADC 2014 ( Mini Drama from Line )


Kerjaan jomblo dimalam minggu adalah menyibukkan diri ngestalking mantan kalau gak gitu mencari hiburan. Jujur kalau saya sih ya nomer dua, maaf bukan tipe orang yang selalu mengingat masa lalu. Masa lalu itu ya masa lalu, cukup dikenang aja gak usah terlalu diperpusing bahkan sampai galau - galau gak jelas gitu, ya gak?

Ngomong-ngomong tentang jomblo, mencari hiburan, dan masa lalu. Kalau temen - temen adalah orang-orang gaaawl di path dan line serta youtubers, pasti temen - temen bakalan tau berita kekinian yang paling ngehits itu, iya mini drama dari line " AADC 2014 ". Mini drama dari line itu bener - bener berhasil ngebuat timeline path dari atas sampai bawah isinya AADC semuanya.


Beberapa adegan :D

Sebagai jomblo yang selalu menghibur diri di malam minggu, saya dari tadi gak henti - hentinya mantengin youtube ngeliat Mini drama itu. Beh, mini drama itu bener-bener ngebuat ingatan saya mundur beberapa tahun kebelakang. Ingat zaman jahiliyah dulu suka banget sok-sokan baca puisi dan joget - joget ala gengnya cinta, heheu

Mini drama dari line ini dibuat oleh line untuk mempromosikan salah satu fiturnya yaitu find alumni. Fitur ini bisa nemuin alumni sebuah sekolah baik sekolah dasar sampai menengah atas. Contohnya aja itu si Rangga nemuin linenya cinta lewat find alumni di twitter, padahal mereka berada jauh-jauhan di New York dan Jakarta. Bahkan mereka udah dipisahkan selama 12 tahun. Eh, dengan fitur itu mereka bisa ketemu lagi. Cie, 12 tahun pisah ketemu dua hari gagal move on, heheu

Gak salah yang putus seminggu balikan lagi -___-

Seperti yang saya ceritain sedikit diatas, mini drama ini menceritakan pertemuan kembali antara Rangga dan cinta yang telah terpisahkan lama. Kalau mau tau cerita lengkapnya mending nonton sendiri aja deh, dijamin bakalan nyeseeek tapi seruuu, nih klik ajaaah 

Saking ngehitsnya mini drama ini sampai - sampai banyak banget orang yang buat joke-joke lucu tentang cinta dan Rangga, nih kaya gini contohnya :

Rangga lagi sakit hati :D

Ngakak ajah lah :D

Rangga jadi korban get rich




Gimana?
Penasaran sama kisah Rangga dan Cinta?
Langsung aja gih gak usah pake lama cuuuus ngeliat videonya
Selamat bernostalgiaaaa

" Karena semua orang bisa memulai dari awal "


Kamis, 06 November 2014

HBD Nul :)

Hai yang jauh disana,
sekarang tanggal berapa yaaak?
Cieeh, cieeeh tanggal 7 Novmber...

Selamat Ulang Tahun adekku paling gendut
Tambah ++++++ pokok e
Udah 18 tahun harus lebih baik lagi
Udah 18 tahun udah gak bocah lagi nul
Tambah nurut sama ibu bapak
Bersihan dan rapinya di tambah
Udah mau kuliah, jangan nangisan

Belajar yang bener yoo
Ujian udah di depan mata hlo
Katanya mau nyusul di UB
Tak tunggu di UB pokok e

Salam sayang dari Malang, muaaaah



Senin, 03 November 2014

[ Flash Fiction ] Hai, Shey !



“ Shey, lo kenapa dah? “, Kanza bertanya pada Sheyla yang bernyanyi – nyanyi girang sambil menari – nari seperti baru mendapat doorprize rumah mewah.

“ Gak za, gue lagi seneng aja nyanyi lagunya nom – nom gowes yang sakitnya tuh disini, lucu aja itu lagunya “, Sheyla sambil terus menyanyi lagu itu disepanjang jalan setelah sholat.

Entah setan dari negri mana yang telah masuk ketubuh Sheyla hari itu. Dari mulai masuk kelas jam setengah delapan sampai setelah sholat dzuhur Sheyla tak hentinya menyanyikan lagu yang memang lagi ngehits di youtube itu. Mungkin saja Sheyla merasa cocok dengan syair lagu itu. Tetapi mengapa Sheyla terlihat gembira ketika menyanyikan lagu itu? Apakah memang ia gembira meskipun beberapa hari yang lalu ia benar – benar terpuruk.

Sheyla memang sedikit aneh beberapa hari belakangan ini. Ia selalu duduk di pojok belakang dekat jendela, sering terlihat melamun, tiba – tiba menangis ketika sedang melihat handphonenya. Ia juga tidak secerewet biasanya, meskipun ia selalu mengelak jika ditanya tetapi dari semua perubahannya terlihat bahwa sheyla sedang sedih dan terpuruk. Mungkin ini semua ada hubungannya dengan kejadian itu.

Kejadian yang benar-benar menghancurkan semua harapan Sheyla  enam bulan belakangan ini. Cowok yang selama ini Sheyla harapkan dapat menjadi pasangannya sekarang sudah menjadi pasangan teman dekatnya sendiri “ Rina “. Sheyla tidak menyangka saja teman dekatnya itu bisa setega itu padanya. Kadang Sheyla berfikir, apa Sheyla pernah berbuat salah kepada Rina sampai ia tega menghancurkan harapan temannya sendiri? Entahlah, Sheyla hanya bisa menerka-nerka tanpa menemukan jawaban pastinya. 

Tetapi hari ini Sheyla seperti sudah melupakan semua kejadian seminggu yang lalu itu. Sheyla sudah bisa tersenyum, bernyanyi, bahkan berjoget konyol bersama teman – temannya.

“ Za, gue suka deh hari ini serasa bebaaaan di hidup gue menghilang semuanyaaa. Entah tadi malam gue doa apa sampai – sampai beban itu hilang semua “ ucap Sheyla sambil terus bernyanyi .
Kanza menatap Sheyla dalam, gadis ini apa benar – benar sudah melupakan bebannya atau dia hanya menghibur hatinya yang sakit. 

“ Syukur deh Shey kalau beban lo udah hilang. Sumpek aja gue ngeliat lo yang ngelamun mulu gitu. Anjir, lo kaya orang kesurupan dah “, Kanza mencoba memperlihatkan kesenangannya meskipun di dalam otaknya ia masih terus berpikir apakah sobatnya itu benar – benar senang atau .... ah, sudahlah apapun yang dilakukan Sheyla Kanza akan mendukungnya.

“ Za, liat gaya gue udah kaya nom nom....”

“ Hai Shey “, suara dalam itu menghentikan perkataan dan tingkah aneh Sheyla. Ia kenal betul dengan suara dalam yang baru saja memanggil namanya. Tapi sebentar, itu benarkah suara dia? Atau Sheyla hanya berhalusinasi? Sheyla terdiam, tangannya tiba – tiba beku dan lidahnya terasa kelu sekali. Sheyla ingin memastikan suara tersebut, ia menengok ke arah datangnya suara itu. Dan ternyata memang benar, suara dalam itu adalah suara yang dimiliki seseorang yang akhir – akhir ini membuat hidupnya sangat sengsara. 

“ Kenan? “, Sheyla bertanya dalam hati kecilnya. Apakah benar Kenan menyapa Sheyla beberapa detik lalu? Sheyla bingung harus bagaimana menanggapinya. Apakah dia harus menjawab “ Hai Kenan “ sambil tersenyum ataukah dia diam saja? Mendadak Sheyla menjadi bodoh, hal semacam ini saja dia harus berpikir ribuan kali untuk menjawabnya. Dan akhirnya Sheyla memutuskan untuk...

“ Hai Kenan “

Deg, ada organ didalam tubuh Sheyla yang terasa ngilu ketika ia menyebutkan nama itu.
Sheyla berusaha melupakan, tetapi mengapa kata “ Hai “ membuat ia kembali mengingatnya?
Sheyla berusaha bahagia, tetapi mengapa kata “ Hai “ membuat semua sirna?
Sheyla berusaha menerima semuanya, tetapi mengapa kata “ Hai “ merusak semuanya?


Malang, 4 November 2014
Selamat Ulang Tahun yaaa kamu
Ngemper pagi - pagi di 
Gazebo Fakultas Pertanian
Universitas Brawijaya

Senin, 13 Oktober 2014

Cukup Sekian dan Terima Kasih

Gak tau mau ngomong apa lagi dengan semua ini
Marah? Iya
Kecewa? Pasti
Benci? Semoga saja tidaaaakkk

Kuatkan Rizky Ashyanita ini Ya Rob..
Cukup sekali ini aja dibeginiin, jangan ada kedua ketiga dan seterusnyaaa...
Semoga memang ini adalah jalan terbaik buat akuuu...
Dan semoga dari kejadian ini aku belajar dan bisa lebih baik lagi...


Buat kamu dan kamu, cukup sekian dan terima kasih buat main - mainnya selama ini
Semoga kalian tau gimana perasaan aku sekarang
Semoga kalian tidak pernah mengalami ini
Semoga kalian bahagia
Semoga kalian......
aaah, sudahlaaaah....
Aku tak mengapaaaa

Buat semuanya AKU SEMANGAT kok
Jangan nyemangatin aku terus dong, semangatin juga diri kalian
Tenang aja aku udah berpindah dari lagu " Diam - diam suka " ke lagu " Brand New Day "
Ini loh liriknyaaa :
Lupakanlah semua yang lalu. 
Kita sambut yang baru. 
Janganlah kau ragu tuk maju. 
Kejar semua impianmu. 
Hadapi semua rintangan. 
Kuatkanlah tekatmu.

Ayooo semangaaaat, hidup ini masih panjang broooo ^^9

Sabtu, 04 Oktober 2014

[ Flash Fiction ] Saling Menunggu


“ Shey, jadi apa jawabannya nomer dua? " Gadis berambut lurus sebahu disamping Kanza tak kunjung merespon pertanyaannya.

“ Shey, shey? “, dengan kesal Kanza berteriak memanggil Sheyla berulang kali.

“ Iya za? Apa? “, teriakan kanza akhirnya berhasil membuyarkan lamunan gadis dengan lesung di kedua pipinya dan perlahan gadis tersebut mengeluarkan butiran bening dari kedua sudut mata sipitnya.

“ Sheyla kenapa? Sheyla cemburu ngeliat Kenan sama Rina? “

“ Entahlah za, aku merasa hina kalau benar aku cemburu dengan mereka. Mereka semua temanku, terlebih Rina. Dia tak sekedar teman, dia sudah aku anggap sahabatku. Tak mungkin aku mencemburuinya.” Kedua mata Shey tak bisa lepas dari kedua anak manusia yang bernama Kenan dan Rina yang sedang bercanda di depan kelas mereka. Mungkin benar, benar bahwa Sheyla cemburu dengan Kenan dan Rina. Tapi Shey sadar dia tak berhak cemburu dengan mereka. Shey bukan pacar Kenan dan Rina juga bukan pacar Kenan, Kenan dan Rina hanya berteman.

“ Sudahlah Shey kau tak bisa mengelaknya dariku. Aku tau mereka temanmu, aku juga tau Rina sahabatmu, dan aku juga tau kalau kamu memang suka sama Kenan sejak pertama kamu mengenalnya. Mau berapa lama lagi kamu membohongi perasaanmu? Dan mau berapa lama lagi kau mengelak bahwa kamu cemburu jika Kenan dekat dengan cewek lain? “

Shey terdiam, butiran bening yang mengalir di kedua pipinya kini bertambah deras.  “ Lalu za, apa yang bisa aku lakukan sekarang? “ tanya Shey penuh kebingungan.

Kanza sedikit mengerutkan keningnya mendengar pertanyaan sahabatnya itu. “ Mungkin kau bisa memberitahu perasaanmu ke cowok itu Shey. Siapa tau dia juga memiliki perasaan yang sama kepadamu “, Kanza berkata penuh keyakinan. 

Sheyla menggeleng, “ Aku cewek za, aku tak akan mungkin memulainya “

Kanza berkata sambil tersenyum tipis, “ Kalo ceweknya malu, cowoknya gak peka, akan sampai kapan kalian saling menunggu? “

                                                                                                                                                                                                Batu, 4 Oktober 2014
Ngeblog numpang wifi dirumah sodara temen
Semangat, besok Idul Adha
Meskipun gak bisa kumpul sama keluarga

Sabtu, 06 September 2014

Back to Campus with Si Mata Kodok



Hufeeeet, semester tiga akan segera dimulai gais. Besok, iya besok udah semester tiga aja. Dan ini berarti saya bukan lagi maba, okeey saya sudah tuaaa sekarang. OMG, I can’t believe that. Perasaan baru kemarin sibuk ospek dan sekarang udah harus jadi kakaaak. I’m not ready if my junior will call me “ Kakak “. Hahaha

Semester tiga ini saya bakalan super sibuk. Dimulai dari amanah kepanitiaan Olimpiade Brawijaya sampai bulan oktober, panitia ulang tahun Himpunan sampai bulan desember, kuliah yang udah 6 sks berangkat pagi pulang sore tanpa jeda, dan parahnya saya masuk kelas horror. Inilah hidup, mau tidak mau harus tetp dijalani dan bersyukur.

Untuk menyambut semester tiga, saya benar – benar mempersiapkan diri saya dari sekarang. Soalnya sudah tau bakalan sibuk jadi apapun harus dipersiapkan, seperti pepatah “ sedia paying sebelum hujan “, hehe

Jadi, apa yang kalian perlukan untuk menyambut semester tiga ini? ( ini tips juga berlaku untuk seluruh mahasiswa dimanapun kalian berada kok )

First of all, persiapkan niat kalian. Jangan menunda – nunda kepulangan kalian ke kota perantauan ya. soalnya kalian juga butuh adaptasi di kota perantauan. Minimal 3 hari sebelum masuk kuliah kalian udah ada dikotperantauan. Jadi,tiga hari itu bisa kalian gunakan buat bersih – bersih kamar kos, beli kebutuhan ini itu, dan temu kangen sama temen. 

Yang kedua, buat list yang ingin kalian capai disemester  tiga ini. Missal isi listnya, ipk disemester tiga 3,9 ( amin ya rob ), minimal menang satu lomba, ikut kepanitian, dapat pacar maba, jalan – jalan ke papua. Yah, pasti kalian punyalah daftar apa aja yang ingin kalian lakuin di semester tiga atau semester baru ini, tulis aja. Kalau perlu tulis yang gede, temple didinding, dan jadiin itu sebuah motivasi kalau kalian lagi capek atau down di tengah – tengah semester ini.


Yang ketiga, siapkan alat –alat kuliah. Alat – alat kuliah itu misalnya pulpen, buku, laptop, flashdisk, ya pokoknya lat kuliahlah. 



Yang keempat, siapkan alat – alat tambahan. Maksudnya alat – alat tambahan disini itu missal parfum, bedak, headset, tissue, gunting, dan lain – lain. Maklum, kuliah dari pagi sampai sore jadi menurut saya itu semua penting. Gak maukan pas kuliah nyium bau gak enak dari badan sendiri? Pasti keki, apalagi kalau ada geetan. So, selalu wangi di campus itu perlu dan wajib. Hehe



Dan, yang terakhir jangan lupa tentukan skala prioritas kalian. Pasti kalian semua tau mana yang lebih penting dan mana yang belum terlalu penting. Ini harus dipersiapkan dari sekarang. Sudah tau sibuk, jadi dengan menyiapkan skala prioritas itu setidaknya dapat menjauhkan kita dari hal – hal yang gak penting masuk kekehidupan kita.

Apa lagi yak?? Udah, itu aja sih menurut saya yang perlu disiapin buat menyambut semester baru. Mungkin ada ide lain untuk menymbut semester baru??